Info Terbaru Gaji Pramugari Garuda International

Pekerjaan sebagai pramugari memang prestisius, namun dibalik itu mereka memiliki tanggung-jawab penting utamanya pada keadaan darurat. Sehingga imbalan yang diperoleh pun akan sebanding. Contohnya saja masalah gaji dan sistem kerja. Salah satu yang membuat banyak wanita lulusan SMA tertarik menjadi pramugari adalah gaji yang besar. Secara pukul rata, paling sedikit gaji pramugari junior sekitar Rp.4 jutaan hingga Rp.5 jutaan. Itu belum termasuk adanya beberapa uang tunjangan lain. Sementara untuk pramugari senior bisa lebih dari Rp.8 jutaan.


Besar kecilnya gaji pun dipengaruhi maskapai tempat pramugari berkarier dan juga rute penerbangan yang diikutinya. Gaji pramugari Garuda international atau tujuan luar negeri tentu saja terpaut jauh dengan pramugari yang hanya ikut terbang dengan rute domestik. Bila membahas mengenai gaji pramugari Garuda Indonesia pastinya banyak yang ingin tahu berapa totalnya. Dan memang gaji pokok pramugari Garuda Indonesia lebih besar bila dibanding pramugari dari maskapai lain. Gaji untuk satu kali mengudara rute dalam negeri umumnya Rp. 2 juta sampai Rp.3 juta bagi pramugari junior. Sementara gaji untuk pramugari senior Garuda dalam satu kali terbang dapat menyentuh besaran Rp.5 juta sampai Rp.6 juta. Dan itu tadi hanya gaji pokok, belum termasuk beberapa fasilitas dan tunjangan yang lain misalnya uang saku dan lainnya.

Selain berlimpah dalam hal materi, pekerjaan sebagai Pramugari Garuda pun akan memberikan sejumlah keuntungan lain diantaranya yaitu : memperoleh kesempatan mengikuti pendidikan di Sekolah Pramugari Garuda Indonesia, alumni sekolah Pramugari Garuda biasanya sangat diinginkan oleh perusahaan penerbangan lain, berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri dengan gratis dalam hal transportasi serta akomodasi dan bahkan diberikan pengetahuan mengenai cara menghadapi serangan teroris maupun cara menjinakkan bom.

Kendati banyak keuntungan, namun profesi pramugari pun ada pula dukanya diantaranya : bila jadwal terbang padat konsekuensinya mereka akan lama terpisah dengan keluarga, jika terjadi delay berulang-kali maka biasanya yang menjadi sasaran omelan penumpang adalah pramugari dan pramugari mesti siap dengan jadwal terbang di hari lebaran, hari besar ataupun hari libur lainnya.

Tugas seorang pramugari lebih dari sekedar menyuguhkan makanan dan minuman kepada para penumpang. Itu sebenarnya hanya sebagian kecil dari tugas mereka. Beberapa yang lain yang penting diantaranya adalah menjadi kru kabin yang memiliki tanggung-jawab pada keselamatan penerbangan. Para pramugari memiliki tugas membantu pilot mengamankan pesawat saat terbang dengan memberlakukan ketentuan keselamatan penerbangan. Para pramugari harus mengecek dengan benar bahwa setiap penumpang paham dan menjalankan prosedur keselamatan penerbangan. Pesawat tak akan tinggal landas jika kru kabin belum mengunci pintu pesawat dengan benar. Oleh sebab itu calon pramugari biasanya diambilkan dari para wanita yang memiliki kecerdasan lebih dan juga bertanggung-jawab.