Besaran Gaji Pramugara Lion Air Pemula

Di dunia penerbangan komersial, pilot adalah profesi ter-favorit yang kemudian disusul pramugari. Meski kalah populer namun pramugara pun bisa dijadikan sebagai sebuah profesi yang membanggakan khususnya bagi para pemuda yang baru lulus dari bangku SMA. Dari sekian banyak maskapai penerbangan berbayar di Indonesia, Lion Air adalah salah satu yang membuka lowongan sebagai seorang pramugara. Gaji pramugara Lion Air secara umum pun setara dengan gaji pramugari-nya sebab sama-sama sebagai cabin crew.


Syarat-syarat sebagai seorang pramugara Lion Air paling utama adalah tinggi badan minimal 170 cm dengan berat badan proporsional serta good looking. Selanjutnya adalah umur minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun. Yang juga penting adalah kemampuan kandidat dalam berbahasa Inggris yang memadai. Tes seleksi calon pramugara Lion Air ini sendiri terdiri dari beberapa tahapan : tes tinggi dan berat badan, tes performance, interview, psikotest dan medical examination.

Para peserta diharapkan menggunakan kemeja lengan panjang, celana panjang bahan dan juga sepatu pantofel. Tes pertama adalah tes tinggi badan dan berat badan dimana mereka yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 cm maka tak akan lolos di tes tahap pertama ini. Tes performance akan menguji kemampuan peserta dalam penguasaan bahasa Inggris. Biasanya para kandidat akan diminta memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Selain itu tes performance ini pun akan melihat sikap tubuh dan bahasa sesuai dengan arahan penguji. Interview akan diuji oleh beberapa orang yang meliputi pilot senior Lion Air, pihak HRD dan tim penguji lain. Setelah lolos 3 tahapan tes tadi maka peserta yang tersaring akan mengikuti psikotest dan bagi yang lolos langsung dilakukan tes medical examination.

Setelah dinyatakan diterima sebagai seorang pramugara biasanya akan ada pendidikan sebagai cabin crew. Lama pendidikan antara 3 hingga 6 bulan. Baru setelah itu pramugara mulai ditempatkan di sejumlah armada pesawat milik Lion Air. Untuk permulaan biasanya akan ditugaskan di pesawat berbodi kecil (narrow body) dengan tujuan domestik. Setelah beberapa waktu lamanya baru ditempatkan di armada pesawat berbadan besar (wide body).

Gaji pramugara Lion Air untuk yang baru pertama kali bertugas, untuk gaji pokok berkisar Rp.3 juta per bulan. Namun hanya itu yang akan diperoleh sebab pramugara Lion Air pun akan memperoleh beberapa sumber pendapatan lain misalnya : flight allowance, uang makan, uang landing, uang kerajinan, uang RON dan uang tunjangan jabatan.

Gaji pramugara Lion Air dari flight allowance atau uang terbang terbilang cukup besar. Pertama kali mengudara, flight allowance ini mencapai Rp.30 ribu /jam. Seharinya seorang pramugara bisa menempuh sampai 6 jam terbang sehingga untuk uang terbang ini saja mencapai Rp.180 ribu/hari. Kemudian ada lagi uang makan yang bisa mencapai Rp.45 ribu/hari, uang kerajinan yang diberikan per bulan bila seorang pramugara cukup rajin masuk dan tak membuat kesalahan. Gaji pramugara Lion Air pemula ini bisa mencapai Rp.15 juta/bulan. Dalam waktu setahun saja penghasilan pramugara Lion Air akan meningkat menjadi sekitar Rp.20 juta/bulan.
 
loading...