Cek Berapa Gaji Pegawai SKK Migas Terbaru Bagi Fresh Graduate di Sini

Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) adalah lembaga negara yang ditunjuk sebagai pelaksana aktifitas hulu minyak dan gas bumi yang ada di berbagai ladang di Indonesia. SKK Migas berkewajiban menjalankan pengelolaan aktifitas bisnis hulu minyak dan gas bumi menurut Kontrak Kerja Sama. Terbentuknya institusi ini bertujuan agar eksplorasi minyak dan gas bumi yang dikuasai negara bisa bermanfaat dan mampu memberikan pendapatan maksimal untuk negara yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Gaji pegawai SKK Migas cukup menjanjikan dan menarik sebab disetarakan dengan perusahaan Pertamina. Seseorang yang baru saja diterima (fresh graduate) di lembaga milik pemerintah ini take home pay sekitar Rp.10 juta per bulan. Sebanyak Rp.8 juta sebagai gaji pokok dan yang Rp.2 juta merupakan macam-macam uang tunjangan. Sumber penerimaan untuk menggaji para pegawai SKK Migas ini sendiri berasal dari retensi sebesar 1 % dari penerimaan minyak dan gas bumi. Hal ini sesuai dengan UU No.22 tahun 2001 yang mengatur minyak dan gas bumi yang dikuatkan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 12/PMK.02/2014.

Bagi para lulusan perguruan tinggi dari beberapa jurusan tertentu bisa melamar untuk menjadi karyawan di lembaga yang dulunya bernama BP Migas ini. Info lowongan yang tersedia bisa dicek di website resmi SKK Migas di alamat http://www.skkmigas.go.id/rekrutmen atau ke https://skkmigas.experd.com/recent.php. Sementara untuk menanyakan hal-hal yang diperlukan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, para pelamar bisa melayangkan email mereka ke recruitment@skkmigas.go.id. Setiap kegiatan rekrutmen pegawai SKK Migas tak dipungut biaya sedikitpun mulai dari awal hingga akhir.

Syarat pendaftaran lowongan kerja SKK Migas secara umum adalah diantaranya adalah lulusan S1 (S2 lebih baik) dengan IPK minimal 2,75 untuk negeri dan 3,0 untuk swasta. Diprioritaskan mempunyai pengalaman di perusahaan oil and gas service dan memiliki keahlian teknis sesuai background pendidikan. Persyaratan lain yaitu memiliki kemampuan bekerja dalam tim dengan interpersonal yang bagus. Kemampuan berkomunikasi dan presentasi pun akan dipertimbangkan termasuk kemampuan analisa.

Pertama yang harus dilakukan para pelamar adalah melakukan registrasi di https://skkmigas.experd.com/recent.php dengan klik tombol "Daftar Sekarang". Isi form registrasi dengan data diri yang benar. Pendaftar selanjutnya bisa memverifikasi pendaftaran dengan klik pada tautan di dalam email yang dikirimkan. Lalu lakukan login menggunakan username dan password yang dibuat saat melakukan registrasi. Pelamar selanjutnya bisa menambahkan curriculum vitae sebagaimana termuat dalam "Langkah-langkah Pembuatan Riwayat Hidup" dalam menu "Resume". Pilih salah satu posisi pekerjaan yang diinginkan dan klik pada "Lamar Posisi Ini".