Fakta Gaji Pramugara Garuda Indonesia

Apakah Anda tertarik dengan profesi seorang pramugara? Kendati pramugari lah yang paling sering dijumpai saat seseorang terbang dengan pesawat namun pramugara pun memainkan peran penting dalam perjalanan udara. Pramugari dan pramugara bekerja untuk membantu penumpang merasa nyaman dan tetap aman. Dengan rute ke sejumlah kota di seluruh dunia, profesi ini memiliki kesempatan untuk melihat keunikan tempat-tempat lain. Dan yang pasti gaji pramugara pun tak kalah menarik. Gaji pramugara Garuda Indonesia misalnya bisa mencapai sekitar Rp.20 jutaan per bulan itu untuk mereka yang baru saja masuk.


Secara umum tugas seorang pramugara / pramugari diantaranya adalah : memberikan salam ketika penumpang mulai memasuki kabin pesawat dan mengucapkan terima kasih saat penumpang meninggalkan pesawat, membantu penumpang mendapatkan tempat duduk sesuai tiket, menyimpan barang-barang penumpang di bagasi, memberikan penjelasan prosedur keselamatan selama penerbangan, memberikan layanan makanan dan minuman, menjawab pertanyaan penumpang, menenangkan penumpang yang cemas atau kesal dan membimbing penumpang dalam keadaan darurat serta memberikan pertolongan pertama jika diperlukan.

Memang tak setiap waktu maskapai Garuda Indonesia membuka lowongan sebagai pramugara. Seringnya adalah penerimaan untuk posisi pramugari. Syarat untuk menjadi pramugara Garuda Indonesia hampir sama sebenarnya dengan syarat menjadi pramugari. Tinggi badan sebagai pramugara minimal adalah 170 cm dengan berat badan proporsional. Kemudian ada tes yang dinamakan armreach yaitu tes menyentuh sticker di dinding dengan ketinggian 208 cm. Peserta tak boleh menggunakan alas kaki meski boleh dengan jinjit. Tujuan tes ini adalah saat di pesawat setiap pramugari dan pramugara harus mampu meraih bagasi untuk menyimpan barang bawaan penumpang.

Kemampuan berbahasa Inggris pun jadi materi dalam tes pramugara/pramugari. Biasanya selain perkenalan dalam bahasa Inggris, juga adanya diskusi mengenai suatu topik tertentu dalam bahasa Inggris. Tes berikutnya yang harus lolos adalah medical examination yang meliputi pengecekan mata, kondisi gigi, cek fungsi paru-paru, kesehatan telinga, fungsi jantung, kondisi tekanan darah, air kencing dan cek keseimbangan. Tahapan seleksi berlanjut dengan background check, dimana kandidat harus menyiapkan data diri lengkap, profesi semua anggota keluarga juga handai taulan bahkan sampai kakek nenek, paman bibi dari jalur ayah dan ibu. Tak ketinggalan adalah tes tertulis dengan materi kebangsaan, dasar negara dan UUD 1945.

Setelah lulus semua tahap seleksi maka saatnya pramugara bekerja. Seperti dijelaskan sebelumnya, gaji pramugara Garuda Indonesia untuk pertama masuk bisa mencapai Rp.20 juta take home pay. Besarnya gaji pramugara Garuda Indonesia ini karena terdiri dari beberapa komponen yaitu : gaji pokok, flight allowance, uang landing, uang makan, uang kerajinan dan juga uang RON (Remain over Night). Status untuk 1 tahun pertama berkarir biasanya sebagai pramugara junior. Untuk tahun berikutnya sudah berstatus sebagai pramugara senior dengan THP yang juga meningkat.
 
loading...