Rincian Total Gaji Pilot Lion Air Per Bulan

Gaji pilot di maskapai penerbangan memang cukup fantastis. Dalam setiap bulannya mereka bisa membawa pulang hingga Rp.40 jutaan, itu untuk yang baru pertama masuk menjadi pilot. Untuk pilot senior gajinya akan meningkat tajam hingga bisa mencapai Rp.70 jutaan per bulan. Dan menariknya lagi, untuk menjadi seorang pilot seseorang bahkan akan diberikan pinjaman uang pendidikan selama mengikuti sekolah penerbang. Pinjaman baru dibayarkan setelah para pilot ini bekerja. Lion Air sebagai salah satu maskapai besar di Indonesia memiliki program Kadet Penerbang yang akan mendidik para calon pilot di sekolah yang mereka dirikan sendiri.


Lion Air dan Wings Air memiliki Wings Flying School akan melatih para kadet penerbang terpilih menjadi calon pilot di kedua maskapai ini. Kesempatan ini terbuka bagi para lulusan SMA IPA atau SMK (penerbangan, listrik dan mesin) laki-laki dengan umur minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun. Memiliki rata-rata nilai rapor kelas X sampai XII serta nilai ijazah SMA minimal 7 untuk matematika, fisika dan bahasa Inggris. Syarat lain adalah tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan proporsional. Tak ketinggalan adalah score Pre-TOEFL minimal 475 dari lembaga yang terakreditasi.

Setiap mereka yang terpilih dalam program Kadet Penerbang ini akan mengikuti pendidikan selama 14 bulan dimana disediakan pinjaman biaya pendidikan hingga 90 % dan jaminan langsung bekerja sebagai pilot di Lions Air dan Wings Air. Setiap lulusan akan mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR) dan juga mendapatkan pola karir yang jelas mulai dari Kadet/Ab-Initio kemudian FO (First Officer) selanjutnya Captain dan terakhir Instructor atau di management. Info lebih lengkap bisa menghubungi via email ke recruitment@lionair.co.id.

Standar gaji pilot Lion Air adalah sebesar Rp.45 juta per bulan, sementara untuk kopilot sekitar Rp.35 juta per bulan. Itu tentu saja belum termasuk berbagai tunjangan lain yang akan didapat. Ada flight allowance yang besarnya bisa mencapai Rp.10 juta per bulan. Flight allowance adalah uang terbang yang perhitungannya per jam terbang. Besarannya bisa mencapai Rp.60 ribu hingga Rp.100 ribu per jam dan dalam sebulan seorang pilot bisa menyelesaikan hingga 80 jam terbang. Ada uang insentif bonus dan tunjangan hari raya yang besarannya bisa 3,5 kali gaji pokok per tahun. Kemudian ada uang pensiun yang besarannya bisa puluhan kali gaji pokok. Melihat gaji pilot Lion Air yang cukup tinggi, tak heran jika banyak para lulusan SMA yang berlomba-lomba mendaftar sebagai pilot.

 
loading...